Kebijakan Privasi KUMPUL Access

Terakhir diperbarui: 17/06/2025

Terima kasih telah bergabung dengan Kumpul Access ("Kami"). Kami sangat menghargai privasi anda ("Pengguna" atau "Anda") dan berkomitmen untuk melindungi data pribadi yang Pengguna berikan saat mengakses layanan Kami. Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi data pribadi yang diproses dalam layanan KUMPUL Access, yang mencakup layanan Access+, SCRIN, dan ConnectPad (untuk selanjutnya disebut sebagai "Kebijakan Privasi")

Kebijakan Privasi ini Kami susun untuk menjelaskan bagaimana Kami mengumpulkan, menggunakan, dan melindungi data pribadi yang diproses dalam layanan KUMPUL Access, yang mencakup layanan Access+, SCRIN, dan ConnectPad.

Kebijakan Privasi ini mengatur landasan mengenai data apa saja yang Kami kumpulkan atau Pengguna berikan dalam menggunakan Platform Kami ("Informasi Pribadi"), dengan tunduk kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang perlindungan data pribadi. Kebijakan Privasi ini berlaku bagi seluruh Pengguna platform Kami ("Platform").

Mohon membaca Kebijakan Privasi Kami dengan seksama sehingga Pengguna dapat memahami cara Kami menggunakan informasi tersebut. Dengan mendaftar, memberikan informasi, serta menggunakan setiap dan seluruh fitur dari dan layanan yang terkait dengan Platform, maka Pengguna telah menyetujui Kebijakan Privasi ini. Jika Pengguna tidak setuju dengan Kebijakan Privasi ini, mohon untuk tidak mendaftar, memberikan informasi, maupun menggunakan fitur apapun pada Platform.

Berikut hal-hal yang dicakup dalam Kebijakan Privasi:

  1. Autentikasi Pengguna dan Data yang Diambil
  2. Pengumpulan Data
  3. Tujuan Pengumpulan Data
  4. Penggunaan Data Untuk Layanan Tertentu
  5. Pemberian dan Pengungkapan Informasi Kepada Pihak Lain
  6. Penyimpanan Data
  7. Hak-Hak Pengguna
  8. Hukum Yang Berlaku
  9. Pembaharuan dan Info Kontak

Dengan mengunjungi Platform Kami dan mendaftar/menggunakan layanan Kami, Anda dianggap telah menyetujui ketentuan Kebijakan Privasi ini.

  1. Autentikasi Pengguna & Data yang Dikumpulkan
    • Metode Autentikasi: Google Sign-In
    • Data yang Dikumpulkan: Hanya nama dan alamat email Pengguna
    • Tidak Menyimpan Data Sensitif: Tidak ada kata sandi atau data pribadi pihak ketiga yang disimpan di sistem
  2. Pengumpulan Data

    Dalam memberikan pengalaman personalisasi terbaik kepada Pengguna, Kami mengumpulkan Informasi Pribadi dari sistem pendaftaran dan dapat menyimpan semua informasi yang dimasukkan atau diterima.

    Jenis Informasi Pribadi yang Kami kumpulkan pada layanan yaitu sebagai berikut:

    • Data Pribadi : Nama, alamat email, nomor telepon, dan informasi kontak lainnya.
    • Data usaha mencakup informasi tentang bisnis, termasuk data operasional, manajerial, dan keuangan yang dikumpulkan melalui asesmen SCRIN.
    • Data penggunaan layanan mencakup informasi yang berkaitan dengan bagaimana Pengguna berinteraksi dengan layanan Kami.
    • Jenis data pribadi lainnya yang diidentifikasi dalam Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Nomor 27 Tahun 2022, dan/atau dokumen, gambar, atau konten lain yang mengandung Informasi Pribadi yang disediakan kepada Kami sebagai bagian dari layanan Kami dan/atau yang disediakan Pengguna.
  3. Tujuan Pengumpulan Data

    Informasi dan data-data pribadi yang Kami peroleh sehubungan dengan pendaftaran yang dilakukan oleh Pengguna, hanya akan digunakan antara lain untuk:

    • Memberikan akses dan koneksi termasuk namun tidak terbatas dalam menyediakan akses ke layanan seperti pendanaan, pemasaran, dan koneksi bisnis.
    • Peningkatan layanan termasuk namun tidak terbatas dalam menganalisis dan mengembangkan Platform untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada Pengguna.
    • Laporan dan evaluasi internal termasuk namun tidak terbatas untuk keperluan pengelolaan dan evaluasi operasional internal.
  4. Penggunaan Data Untuk Layanan Tertentu

    Informasi dan data-data Pribadi yang Kami kumpulkan akan digunakan pada layanan-layanan Kami sebagai berikut:

    1. Access+

      Access+ adalah bagian dari KUMPUL Access yang hanya dapat diakses oleh pengguna yang telah menyelesaikan asesmen SCRIN. Data yang diberikan akan digunakan untuk memberikan dukungan strategis melalui berbagai saluran pendanaan, pemasaran, dan operasional bisnis.

    2. SCRIN

      SCRIN adalah asesmen yang digunakan untuk mengukur kesiapan bisnis UMKM dan startup. Data yang dikumpulkan dalam asesmen ini digunakan untuk penilaian kesiapan bisnis termasuk namun tidak terbatas pada analisis untuk memberikan hasil asesmen yang relevan dan mendukung pengembangan bisnis.

    3. ConnectPad

      ConnectPad adalah layanan untuk menghubungkan pengguna dengan mentor, investor, corporate partner, dan alumni startup. Data pengguna yang ingin dikoneksikan tidak akan dibagikan langsung antar pihak yang terhubung. Kami hanya akan memberikan informasi yang diperlukan untuk menghubungkan mereka dengan cara yang aman, tanpa membagikan informasi pribadi. Selain itu, data yang dikumpulkan akan digunakan untuk:

      • Pengelolaan koneksi termasuk namun tidak terbatas untuk mencocokkan dan menghubungkan Pengguna.
      • Penggunaan data untuk koneksi Kami, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diberikan oleh mentor, investor, corporate partner, dan startup alumni akan digunakan hanya untuk tujuan koneksi di dalam ekosistem Kami. Pengguna yang ingin dikoneksikan tidak akan mengakses data pribadi atau informasi lainnya dari pihak yang mereka koneksikan. Semua koneksi akan diproses secara internal oleh Kami, yang bertindak sebagai perantara yang menjaga kerahasiaan data.
  5. Pemberian dan Pengungkapan Informasi Kepada Pihak Lain

    Bahwa kecuali untuk kepentingan pengumpulan data sebagaimana telah diungkapkan diatas, Kami menjamin bahwa Kami tidak akan menjual, mengalihkan, mendistribusikan dan/atau membuka informasi dan data-data pribadi Pengguna kepada orang lain dan/atau pihak ketiga yang tidak berkepentingan.

    Adapun pihak-pihak yang dapat menerima informasi sebagaimana dimaksud diatas, dengan syarat tetap mematuhi Kebijakan Privasi ini, termasuk dan tidak terbatas pada:

    1. Mitra usaha yang diberikan tugas oleh Kami untuk membantu dalam proses aplikasi, investigasi dan verifikasi atas data-data pribadi Pengguna; dan
    2. Pihak lain yang atas nama Kami diwajibkan untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dalam pelaksanaannya perlu mengetahui informasi yang dilindungi tersebut.
  6. Penyimpanan Data
    • Kami memastikan bahwa data pribadi Pengguna hanya akan diakses oleh pihak yang berwenang. Kami menggunakan langkah-langkah perlindungan yang sesuai untuk menjaga data Pengguna tetap aman dari akses yang tidak sah, kebocoran, atau perubahan yang tidak sah.
    • Anda harus menyadari bahwa selalu ada risiko dalam pengiriman informasi melalui internet. Tidak ada jaminan apapun bahwa pengiriman data akan 100% aman dan bebas risiko dari pihak lain yang menemukan cara untuk menggagalkan sistem keamanan Kami.
    • Dengan menyerahkan Informasi Pribadi Pengguna pada Platform, Anda menyetujui pengalihan, penyimpanan, serta pengolahan data yang terjadi pada Platform.
    • Kami akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran yang diperlukan untuk memastikan bahwa Informasi Pribadi tersebut diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta peraturan yang berlaku.
    • Kami tidak bisa menjamin keamanan data yang dikirimkan ke Platform; risiko dari setiap transmisi menjadi tanggung jawab Pengguna. Begitu Kami menerima Informasi Pribadi Pengguna, Kami akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak diizinkan.
    • Untuk Pengguna yang mendaftar di Platform, Kami juga menyimpan informasi pribadi yang Pengguna berikan di profil. Semua Pengguna dapat melihat, dan mengedit informasi pribadinya setiap saat (kecuali alamat email yang tidak dapat diubah oleh Pengguna). Penghapusan informasi pribadi hanya dapat dilakukan oleh Kami.
  7. Hak-Hak Pengguna

    Pengguna memiliki hak tertentu tentang penggunaan data Pengguna. Pengguna dapat memperbarui atau menutup akun Anda dalam Platform, dan juga dapat menghubungi Kami untuk permintaan hak individual Anda tentang data pribadi Anda, yaitu meliputi:

    • Mengakses dan memperbaiki data termasuk namun tidak terbatas untuk melihat, memperbaiki, atau memperbarui informasi yang Kami miliki tentang Pengguna.
    • Menghapus data mencakup permintaan penghapusan data pribadi Pengguna kapan saja dengan menghubungi kontak Kami menggunakan email Pengguna yang terdaftar.
    • Menarik persetujuan termasuk namun tidak terbatas untuk pemrosesan data kapan saja tanpa mempengaruhi legalitas pemrosesan sebelumnya.
    • Menolak penggunaan data yang tidak sah dan tidak sesuai dengan hukum yang berlaku.
  8. Hukum Yang Berlaku

    Syarat-syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini tunduk kepada hukum di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  9. Pembaharuan dan Info Kontak

    Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa Kami dapat melakukan perubahan sebagaimana diperlukan dari waktu ke waktu dan/atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum yang berlaku. Selain itu, Kami juga dapat melakukan perubahan pada layanan dalam Platform atau bisnis Kami.

    Bila Kami melakukan perubahan mendasar terhadap kebijakan ini, Kami akan memberitahu pengguna melalui pemberitahuan di Platform, email ataupun mekanisme lain yang diwajibkan oleh hukum. Jika Pengguna menggunakan layanan setelah perubahan apapun pada Kebijakan Privasi yang telah diunggah, sebagai konsekuensi, Pengguna setuju untuk tunduk pada setiap perubahan Kebijakan Privasi.

    Pengguna disarankan untuk memeriksa pembaruan Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk melihat adanya perubahan pada Kebijakan Privasi ini atau silahkan hubungi kami melalui event@kumpul.id untuk pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini.